BERBAKTI DAN MENGABDI

BERBAKTI DAN MENGABDI

Minggu, 30 Oktober 2011

Perjalanan Pulang Kuliah Yang Mana Tahan ...

Sejak 26 februari 2011, saya kuliah di Cianjur. Untuk mencapai kota Cianjur, saya menggunakan angkutan umum yakni bus yakni bus Garut-Jakarta, maklum naik di tol Cileunyi.

Tiba-tiba saja saat pulang ke Bandung terbersit tuk coba naik jurusan lain, yakni bus Sukabumi-Cirebon di selter DLLAJR Cianjur. Pikirku tak apalah, teoriku, anggap saja pengalaman. Secara matematis Rp, 10.000 (sampe Cileunyi) dan 5.000 sampe Tanjungsari (kebetulan hendak ke daerah sini) jadi Rp. 15.000,00. Mungkin jarak waktu tak seberapa bisa lebih cepat, atau paling lambat 1,5 jam pasti tiba. Biar tidak usah ganti angkutan, praktis, pikirku. Ternyata teori di atas tak berlaku, Kernet minta Rp, 20.000 alasannya bus ini masuk kota. Benar bus ini melewati pintu tol Pasteur menaiki jalan layang Pasupati dan masuk terminal Cicaheum.

Waktu pun ternyata terbuang percuma. Sudah tentu macet melewati kota Bandung di malam Minggu. Bus pun ngetem abis di terminal Cicaheum. Setelah 30 menit, lalu  bus merayap meninggalkan terminal Cicaheum dan memutar segitiga lampu merah. Karena ada bus sejenis yang mengetem, kami diturunkan dan diminta pindah ke bus di depannya. Kami pun didata, waktu menunjukkan pukul 19.30. Hujan besar mengguyur kota Bandung. Seakan menjadi alasan bus untuk ngetem. Emang cukup efektif, bus pun dipenuhi penumpang jurusan Cirebon. Merayap melalui Sindanglaya dan Ujungberung hingga ngetem lagi di ujung tol Cileunyi batas Kabupaten Bandung-Sumedang.

Berkali-kali sopir mencoba menjalankan bus, berkali-kali pula si kernet bilang tahannnnn…. tahannnn…. hingga penumpang cukup muak dengan kata ” ta h annnnnn….” Bila dihitung hampir 20x  kata "tahaannnnnnn.…." diucapkan si kernet dan calo bus pada setiap kali bus mencoba untuk maju.

Alhasil, saya tiba di pasar Tanjungsari pukul 21.30 WIB. Jarak Cianjur-Cileunyi bila via tol itu sekitar 1,5 jam paling lama. Saya naik pukul 16.30 WIB, berarti 5 jam. Hemnmh, bener-benar tersiksa, sebuah perjalanan mana tahan … ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar