BERBAKTI DAN MENGABDI

BERBAKTI DAN MENGABDI

Sabtu, 16 November 2013

Kuliah di S-2 UNSUR Telah Mengubah Hidup Saya

Nina, S.Pd, M.Pd, memanfaatkan GGI sebagai tempat menginap

Selama kuliah pula, Ibu Nina menggunakan fasilitas  penginapan yang dianggap murah meriah untuk kantong mahasiswa, yakni GGI PGRI Kab. Cianjur (klik beritanya di SINI). Ada sejumlah kawan-kawannya dari daerah selatan Cianjur dan Sukabumi atau Bandung yang menginap di gedung milik organisasi profesi guru tertua dan terbesar di tanah air  yang berada di jalan Aria Cikondang Cianjur tsb.  Sabtu sore, baru mengemas barang-barang untuk membelah tapal batas kabupaten Cianjur bagian utara tersebut. 

Melejitkan karier
Kuliah di magister, telah melejitkan karier dosen muda yang pernah mengenyam pendidikan di SDN Sukamaju 1 Cimahi (1991~1997), SMPN 2 Cimahi (97~2000), SMA Pasundan 1 Cimahi (2000~2003).  Tahun 2003-2008 menyelesaikan pendidikan sarjananya di  STKIP Subang pada program studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.  Selulus dari program sarjananya,  Nina menjadi guru honorer (GTT) dan meraih sertifikat pendidik saat mengajar di SDN Galumpit Purwakarta. 

Selulus dari PBSI S-2, 2 Maret 2013 dengan judul tesis "Analisis Variasi Bahasa Guru Ditinjau dari Struktur Kalimatnya dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Purwakarta" ini ternyata langsung tancap gas mengajar di sejumlah perguruan tinggi swasta. Nina pernah mengajar filsafat bahasa di Universitas Bale Bandung. Jadi dosen pembimbing PPL dan KKN di STKIP Subang. Ia pernah pula memberi kuliah di  Akademi Kebidanan  Bhakti Bangsa. Sebagai asisten dosen di Universitas Purwakarta dan  dosen di STT Wastukancana. Sekarang  dalam proses pengajuan dosen tetap di Universitas  45 Mataram. Nina pun  pernah dipanggil di Universitas Samawa Sumbawa yang memerlukan  dosen linier bahasa Indonesia tapi karena terlalu jauh Nina memilih di Mataram. 

Belum lama tinggal di Mataram, Nina menemukan pelabuhan hatinya.  Ia menikah dengan direktur harian pagi terbesar di NTB tanggal 11 Juli 2013.  "Saya nikah dengan Haji Abdus Syukur.  Pokoknya  kuliah S-2 di UNSUR telah mengubah hidup saya," ujarnya kepada penulis. 

"Dulu,  saya merasa madesu (baca: masa depan suram),  tapi sekarang merasa cerah karena banyak peluang kerja," sambungnya.  Ibu Nina sangat bangga dari awalnya tidak diperhitungkan, kini diidolakan.  Bahkan kini ada beberapa mahasiswa S-2 berasal dari Cimahi kuliah di UNSUR, terobsesi berkat informasi dan motivasi dirinya. Ibu Nina mengapresiasi dosen-dosen di S-2 seperti: Bapak Prof. Dr. Yus Rusyana, Ibu Dr. Hj. Siti Maryam, Bapak Prof.  Iswass dan sejumlah osen lainnya Ɣªήğ sabar dan telaten  membimbing dan mengantarkan ke tangga magister. 

"Saya menyadari saat mengerjakan tesis berada dalam kegalauan luar biasa.  Saat itu konsentrasi saya terbagi antara mencari uang, cinta, dan gelar. Perjuangan yang sangat berat. Alhamdulillah sekarang memetik hasil perjuangan saya," ujar sambil tersenyum simpul manakala ditanya penulis apakah akan dikawal oleh pengawal khusus saat wisuda, 8 Oktober 2103 nanti.  Jadwalnya, Ibu Nina akan merapat terbang dari tanah Lombok ke bumi Pasundan, 6 Oktober mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar